Minggu, 23 Maret 2014

Cara modif lampu motor agar lebih terang

 kali ini masih terkait dengan modifikasi sistem kelistrikan lampu utama motor, lebih khusus lagi sebuah metode untuk menambah pencahayaan lampu utama motor sistem ac dengan cara menambah arus listrik dan voltase pada jalur kabel lampu utama, dimana maksimal output voltage tetap terkontrol. Tujuan modifikasi ini agar sistem penerangan lampu yang menggunakan sistem ac
mendapatkan cahaya lampu super maksimal dan jauh lebih terang dari model full DC. Modifikasi model sistem seperti ini sangat mudah dilakukan, mungkin lebih sulit memasang tali sepatu anda, jadi siapapun yang membaca artikel ini pasti akan sanggup dan
bisa melakukannya, jadi anda termasuk orang-orang yang beruntung membaca jurnal ilmiah ini, bagaimana trik ini dilakukan bisa dilihat pada gambar dibawah ini:

 cukup memindahkan input kabel lampu dari kabel kuning standar motor, dipindahkan ke jalur ke kabel jalur charging aki, maka cahaya lampu motor anda akan memantulkan sinar yang sangat dasyat jauh dari apa yang anda bayangkan.

Lampu utama motor merupakan salah satu komponen yang sangat vital dalam berkendara, saat ini sudah banyak beredar dipasar otomotif model-model lampu dengan sinar yang sangat mendukung dalam berkendara seperti lampu HID, namun kendalanya memakai lampu model ini aki motor seringkali mengalami ketekoran, dan pada akhirnya lampu HID pun bersinar kurang sempurna. Dalam rangka memenuhi keinginan para pemilik kendaraan motor, dimana harapannya lampu motor bersinar super terang, dengan tingkat efisiensi super ekonomis dan dengan modif yang super sederhana, maka hasilnya sangat super maksimal, lampu utama motor dapat bersinar terang pada rpm 1000 lampu sangat stabil, rpm sedang jauh lebih terang dari pada full dc, sedangkan pada rpm tinggi sangat super terang jauh dari apa yang anda bayangkan, dengan voltage tetap terkontrol pada batas toleransi kewajaran. pada gambar dibawah ini terlahat diagram secara umum sitem kelistrikan dimana lampu utama motor konek ke jalur kabel tengah yang berwarna kuning, pada jalur kuning ini umumnya voltage kiprok/regulator hanya pada area 10 s/d 12 volt, pada rpm tinggi, sedangkan pada rpm rendah 5 s/d
7 volt, jadi sangat wajar jika sistem standar sistem pencahayaan kurang memadai. Pada gambar dibawah ini terlihat modif model ini cukup
memindahkan kabel lampu besar ke jalur kabel putih, maka lampu akan semakin terang pada rpm yang sama, dibandingkan dengan model standar, untuk modif model ini peralatan yang dibutuhkan :

Kabel dengan serabut tebal kurang lebih 1/2 – 1 meter
Isolator
Gunting
lampu motor 35 s/d 55 watt


Cara 1: masuk ke area dasbor switch lampu kabel kuning
dipotong, sambung kabel baru , kabel yang satu diisolasi,
selanjutnya menuju area kiprok, cari kabel warna putih
kupas sedikit biar terlihat serabut tembaganya , selanjutnya
sambungkan ujung kabel yang baru ke kabel putih kemudian
diisolasi, modif selesai !

Data Riset :
Tes output voltage jalur kabel putih dilakukan dijalan lurus , rpm tinggi tanpa beban gas digeber sampai habis , voltage terbaca 18 volt, selanjutnya diberi beban lampu 35 watt, voltage menunjukan 16 volt, cahaya lampu menunjukan performa yang luar biasa,
batu -batu nisan dari jarak 100 meter bisa terlihat. Test berikutnya beban lampu diganti pakai 100 watt halogen lampu mobil, cahaya lampu menunjukan performa super terang voltage menunjukan angka 13 volt. akhir cerita riset, sampai artikel ini ditulis selama 1 bulan lampu masih bersinar terang belum putus, lampu motor  pakai merk Osram 35 watt 4000 kelvin seperti pada gambar diatas.


Catatan Penting Hasil Riset :
sebelum modif lakukan pengukuran voltage kabel kiprok warna putih, jika motor digeber rpm tinggi pada area 18 s/d 24 volt maka modif dapat dilakukan jika Voltage kabel putih mencapai lebih dari 24 volt sampai tak terhingga, sebaiknya kiprok diganti pakai kiprok honda legenda, supra original dan non original merk fukuyama.

3 komentar: