Minggu, 13 April 2014

Kepribadian Turut Mempengaruhi Resiko Kegemukan

"Selain ketidakdisiplinan berolaraga dan pola makan yang salah, ternyata ada faktor lain yang menyebabkan berat badan meningkat dengan cepat".


Saat berat badan meningkat dengan cepat,orang cenderung menyalakan ketidakdisiplinan berolaraga dan pola makan yang salah.
Namun sebenarnya ada faktor lain yang secara mengejutkan dapat menambah angka pada timbangan berat badan Anda,yaitu kepribadian. Ada 2macam  kepribadian yang dimaksud :

*Pertama adalah kepribadian sensitif seperti mudah marah, cemas yang berlebihan, sedih, dan kesepian.
*Kedua adalah kepribadian ceroboh seperti tidak disiplin dan tidak terorganisasi dengan baik.

Tentu tidak semua orang dengan kepribadian tersebut secara langsung mengalami kegemukan.
Tetapi kepribadian tersebut hanya meningkatkan kecenderungan sikap yang memicu kenaikan beratbadan.
Contoh, orang dengan kepribadian sensitif umumnya lebih mudah stres sehingga cenderung memiliki nafsu makan untuk makan lebih banyak. Kepribadian yang sensitif memang membuat seseorang mudah terpancing emosinya sehingga mudah marah, cemas atau panik.
Hal ini membuat seseorang tersebut memendam nafsu amarah , dan pelariannya adalah dengan makan lebih banyak.
Sementara, orang yang tidak disiplin dan tidak terorganisasi cenderung lebih sulit untuk menerapkan pola hidup yang sehat. Sehingga mereka tidak taat pada pola makan makanan yang sehat dan berolaraga secara teratur, akibatnya dapat memicu kegemukan.
Orang dengan kepribadian seperti ini sangat sulit mengatur pola hidup sehat, termasuk tidak memperdulikan pola makan sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar