Sabtu, 19 April 2014

Menambah Cairan Tubuh dengan Minuman Ringan adalah Tindakan yang Tidak Tepat

"Meminum minuman ringan seperti teh, jus, kopi, dan minuman bersoda sesekali atau tidak  terlalu berlebihan boleh-boleh saja. Tetapi jangan meminumnya secara berlebihan untuk menambah cairan tubuh atau sebagai pengganti air putih setiap kali terasa haus."

Saat kita beraktifitas, tubuh kita akan merasa membutukan air (cairan) untuk mengembalikan stamina. Tanpa disadari, terkadang kita meminum cairan dalam bentuk apa saja sebagai contoh minuman ringan (soft dring). Mulai dari minuman soda, jus, teh manis, dan lain-lain.

Padahal menambah cairan tubuh dengan miniman ringan adalah tindakan yang dapat menyebabkan efek negatif bagi tubuh kita.
Karena seharusnya cukup dengan meminum air putih saja untuk memenuhi kekurangan cairan
tersebut. Apalagi jika tubuh kita sehat-sehat saja.

Teh manis, jus dan minuman soda adalah air yang sudah dicampur dengan bermacam-macam zat lain termasuk gula. Gula yang terlarut dalam minuman tersebut akan diserap oleh tubuh.
Dalam jumlah besar dapat menyebakan gula darah mudah naik dan resiko Diabetes, obesitas (kegemukan), dan hiperglikemia (gula darah tinggi).

Begitu juga zat-zat lain yang terkandung di dalam minuman ringan tersebut. Sala satu zat yang berbahaya bagi tubuh adalah bahan pengawet. Bahan pengawet pada minuman ringan dapat menyebabkan efek negatif bagi tubuh, bahkan bisa bersifat toksin. Jika dikonsumsi secara terus menerus dapat menyebabkan gangguan pencernaan, penyakit jantung dan kanker paru-paru.

Sekian dulu dari saya, semoga bermanfaat. Semoga kita lebih bijak dalam memilih makanan untuk dikonsumsi, bukan hanya yang enak tetapi menyehatkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar